SEA Today sebagai TV Pool Upacara Hari Kemerdekaan RI ke-78 di Istana

30 Aug 2023 | Berita

Jakarta, 17 Agustus 2023 – PT Metra Digital Media (MDMedia) dengan bangga mengumumkan bahwa melalui unit bisnisnya, SEA Today, kembali dipercaya untuk berperan sebagai TV Pool dalam prosesi peringatan Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 dengan tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju". Dikutip dari situs resmi Presiden RI, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono, selaku Ketua I Panitia Pelaksana Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, menyatakan bahwa perayaan tahun ini akan dilakukan secara berbeda dan lebih semarak. Salah satu perbedaan upacara tahun ini adalah Undangan secara fisik yang jumlahnya kurang lebih 8.000 orang.

SEA Today, saluran berita dan gaya hidup berbahasa Inggris yang dielola oleh MDMedia sebagai anak perusahaan TelkomGroup, akan bertanggung jawab atas pelaksanaan produksi TV Pool untuk rangkaian acara peringatan kemerdekaan yang akan berlangsung di Istana Merdeka. Dengan pengalaman dan dedikasi yang dimiliki, SEA Today telah mempersiapkan tampilan yang lebih segar dan menarik, baik dari sisi kreatif, teknis, maupun teknologi yang digunakan dalam proses produksi.

Perbedaan utama dalam peringatan tahun ini adalah bahwa rangkaian upacara untuk memperingati momen proklamasi akan dimulai dengan prosesi mengarak bendera pusaka dan pertunjukan seni yang memiliki durasi lebih panjang serta jarak yang lebih luas. Selain itu, acara peringatan ini juga akan melibatkan atraksi penerbangan pesawat tempur yang akan dilakukan oleh semua anggota TNI.

Prosesi pengarakan bendera pusaka tersebut akan mengikuti jalur yang menghubungkan Monas dan patung kuda, melewati beberapa gedung kementerian dan kantor Wakil Menteri sebelum berakhir di area Istana. Tujuannya adalah agar masyarakat dapat menyaksikan perayaan ini dari berbagai lokasi, termasuk di dalam kawasan Monas dan sepanjang jalan Merdeka Barat. “Acara intinya adalah Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan upacara penurunan bendera pada tanggal 17 Agustus 2023, didahului dengan kirab bendera pusaka dan pertunjukan seni,”

Dalam peringatan Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 ini, SEA Today akan menggunakan beragam teknologi terbaru dan inovatif dalam pengambilan gambar, termasuk FPV-Drone dan berbagai teknologi lainnya. Teknologi-teknologi canggih ini akan memberikan tampilan visual yang lebih atraktif dan berbeda, sehingga para penonton dapat merasakan pengalaman menyaksikan upacara dengan lebih mendalam.Selain dengan Upacara pengibaran bendera, Peserta upacara juga dihibur dengan Atraksi pesawat dan juga Acara bernyanyi.

Arif Prabowo, Direktur Utama MDMedia, mengungkapkan, “Kami merasa sangat terhormat dan bersyukur atas kepercayaan yang diberikan kepada SEA Today untuk kembali menjadi bagian dari prosesi Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78. Kami berkomitmen untuk memberikan tayangan yang menarik dan bermakna bagi seluruh rakyat Indonesia.”

Tayangan dari prosesi peringatan Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 yang disiarkan oleh SEA Today sebagai TV Pool akan dapat dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia melalui berbagai platform media, termasuk TV nasional dan media lainnya yang bekerja sama melalui Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Negara. Selain itu, SEA Today juga akan menjadikan tayangan ini tersedia di berbagai platform media, seperti situs resmi SEA Today dan aplikasi streaming partner.