Ngopi - Ngobrol Penuh Inspirasi Vol. 1 2023

09 Feb 2023 | Berita

Jakarta, 27 Januari 2023 –  Seiring dengan kinerja tahun lalu yang membaik, PT Metra Digital Media atau MDMedia bertekad terus memperkuat fundamental bisnis demi mencapai target-target yang ditetapkan untuk 2023 ini. 

Direktur Utama MD Media Bapak Arif Prabowo mengungkapkan pada tahun 2022 angka profit and loss perusahaan sudah jauh membaik terutama dari sisi EBITDA dan net income dan hal tersebut mesti dipertahankan untuk 2023.

Untuk menghadapi tantangan di tahun ini, beliau mengatakan jika ada 2 kunci yang harus dilakukan perusahaan. Pertama adalah perlu adanya kekompakan antar unit dan komunikasi sesama divisi, dan kunci kedua adalah kreativitas dalam konten dan design produk. 

“Salah satu contoh yang telah berhasil kita buat di tahun sebelumnya yaitu kreativitas dalam sisi prodak yaitu Digipop,” ujar Bapak Arif Prabowo dalam acara “Ngopi with BOD Vol 1 2023” yang diadakan pada Jumat, 27 Januari 2023.

Beliau menambahkan, perusahaan harus mencari uniqueness antara MDMedia dengan agensi lain. Adapun menurutnya salah satu kekuatan terbesar MDMedia sekarang ini adalah data analytic, yang mana belum ada agensi lain yang memiliki data sekaya bank data MDMedia khususnya dari data operator telekomunikasi. 

“MDMedia memiliki peluang untuk meng-create permasalahan tersebut, dari situlah hadirnya Digipop yang menyediakan data berdasarkan data dari internet,” kata beliau.

Lebih lanjut, Bapak Arif menuturkan bahwa inventory terbesar yang dimiliki oleh MDMedia adalah dalam konteks dari media , terutama media dari Telkomgroup , Jika sales menghandle SME seperti ukm berapa banyak resource sdm yang dibutuhkan , munculnya Adsqoo yaitu ecommerce inventory media komunikasi yang nantinya akan kita gunakan untuk SME sehingga adanya autominisasi dengan transaksinya tanpa menggunakan resource yg besar pungkasnya. (Jumat, 27/01)

Produk Baru 2023

Setelah merilis Digipop dan Adsqoo tahun lalu, untuk tahun ini  MDMedia merilis produk baru yaitu Smartcard. Produk ini membidik pasar di industri telekomunikasi dan akan memaksimalkan potensi dari anak perusahaan yaitu Balebat termasuk fasilitas mesin percetakannya yang berada di Pulogadung, Jakarta Timur.

“Kita lihat potensi mesin yang ada di Balebat dan Pulogadung yang belum dimaksimalkan dengan baik dan mesin tersebut merupakan bekal kita untuk memasuki pasar telco di bidang bank seperti emoney maupun dibidang operator di sim card,” ujar Bapak Bobby.

Beliau mengatakan, di masa depan tren penggunaan kartu simcard telekomunikasi akan semakin pudar, sehingga dalam 3-4 tahun ini perusahaan perlu memaksimalkan pasar yang masih ada selagi momentumnya belum habis. Untuk itu, target smartcard diproyeksikan untuk cashflow jangka pendek, sedangkan untuk jangka panjang perlu adanya limited investasi lain.

Bapak Arif juga menambahkan bahwa limited investasi yang dimaksud adalah own event, Hal ini berkaca dengan pengalaman MDMedia dalam mengelola berbagai event dari Telkomgroup maupun dari klien di luar dengan menggunakan teknologi yang tidak dimiliki oleh agensi lain, termasuk intellectual property (IP) yang sedang dikembangkan untuk ke depannya.

Menurutnya, perusahaan dituntut untuk sekreatif mungkin untuk menciptakan ide-ide dalam mengeksekusi suatu own event, sehingga di tahap selanjutnya perusahaan dapat mengajak partner baru atau bahkan berkolaborasi dengan event organizer lain.

Mengoptimalkan Potensi

Sementara itu, Bapak Pujo Pramono selaku Direktur Operation And Sales mengatakan bahwa MDMedia memiliki potensi yang sangat besar tetapi belum dikerahkan secara optimal sehingga perlu lebih didorong untuk mencapai target-target tahun ini, salah satunya dengan restrukturisasi organisasi.

“Tahun 2023 harus berani meninggalkan zona nyaman dengan diawali dengan perubahan struktur organisasi,” kata Bapak Pujo.

Beliau juga menjelaskan, dari sisi sales harus melakukan penguatan opportunity serta melakukan improvement dari kinerja 2022 kemarin, antara lain harus mampu mengoptimalkan resource yang ada dan peduli pada produk-produk MDMedia. Adapun hal ini tidak terbatas pada divisi sales saja tetapi semua awak perusahaan seperti dari divisi finance, divisi corporate plan serta divisi lainnya.

“Karena semua karyawan merupakan brand ambassador perusahaan kita sendiri. Tugas kita harus membenahi wajah kita di luar dengan penguatan social media serta website kita agar kita punya tools untuk menyampaikan resource kita, referral kita, koneksi kita,” tutur Bapak Pujo.

Sebagai penutup, Bapak Pujo juga mengatakan bahwa awak MDMedia harus optimistis serta jangan segan dan malu untuk turut ikut serta dalam campaign perusahaan baik dalam event yang dilakukan perusahaan maupun kegiatan corporate secara internal karena hal tersebut dapat meningkatkan level awareness terhadap perusahaan.

“Optimisme dari teman - teman untuk menyampaikan campaign tersebut membentuk level awarness kita. Jika awarness kita meningkat, untuk customer sampai call to action-nya kita bisa menggaet customer sampai memakai jasa kita,” tutupnya.