MDMedia raih bintang 4 pada ajang TOP Digital Awards 2022

01 Dec 2022 | Penghargaan

PT. Metra Digital Media (MD Media) mengetengahkan Digipop (Digital Population) Consumer Intelligence Platform (CIP) sebagai inovasi digital unggulan di ajang TOP Digital Awards 2022.

“Untuk membantu keinginan konsumen, kami mengembangkan Digipop CIP sebagai platform intelijen konsumen, membantu merek terhubung dengan populasi digital kami yang sebenarnya di Indonesia,” kata Arif Prabowo selaku Direktur Utama MD Media, saat Penjurian TOP Digital Awards 2022, secara online, Selasa, 15/11/2022.

TOP Digital Awards adalah ajang pembelajaran dan penghargaan bidang TI tingkat nasional, diselenggarakan majalah It Works sejak tahun 2016 bekerjasama dengan sejumlah asosiasi dan lembaga konsultan TI dan Telco.

Tema yang diangkat dalam TOP Digital Awards 2022 ini adalah “The Strategic Impact of Digital Transformation in Business & Government.”

Dalam kesempatan ini, bertindak sebagai dewan juri yaitu Garuda Sugardo, Febri, Melani K. Harriman, dan Agnes Theres.

Apa Itu Digipop CIP?

“Consumer Intelligence Platform (CIP) merupakan platform yang mampu mengumpulkan dan menganalisis data pelanggan yang mencakup informasi-informasi penting kebiasaan pelanggan seperti handset ownership, provider telekomunikasi, lokasi geografis, app usage dan interest. Output CIP dapat berupa solusi insight dan audience campaign (DMP),” jelas Hanif Helmi selaku General Manager Big Data Service, MD Media.

“Sumber utama CIP adalah 1.5 miliar raw data per hari yang bersumber dari 160 juta pengguna smartphone,” ungkapnya.

Digipop akan membantu memenuhi berbagai kebutuhan bisnis, dengan sejumlah Produk yaitu Digipop Insight, Digipop Audience, Digipop Data Enrichment, Digipop Survey, dan Digipop Analytic Suite.

Lebih lanjut, Helmi memaparkan Digipop CIP sebagai solusi untuk berbagai industri. “Sebagai contoh di telekomunikasi, masalah yang sering dihadapi penyedia layanan internet (ISP) yaitu membutuhkan biaya yang cukup besar saat menjalankan riset kebutuhan konsumen. ISP juga perlu memahami peta kompetisi teritori market.

“Digipop CIP dapat jadi solusi dengan memberikan insight kepada ISP terkait dengan potensi pasar consumer sampai level Kelurahan dan memberikan competitive insight dari seluruh provider internet (home dan mobile). Dengan harga yang lebih kompetitif.”

“Layanan serupa juga dapat dinikmati oleh Mobile Network Operator (MNO),” imbuh Helmi.

Digipop CIP juga dapat dimanfaatkan untuk menentukan lokasi pembukaan outlet atau Location Planner. “Offline service brand, misalnya perusahaan farmasi, tidak mendapatkan informasi potensi micro market untuk mengembangkan outlet apotiknya. Mereka umumnya menggunakan jasa riset survei dengan harga cukup mahal untuk mendapatkan potensi market outlet baru.”

“Digipop dapat memberikan insight secara cepat kepada brand untuk mendapatkan potensi micro market layanan offline-nya dalam radius yang ditentukan. Serta dapat memberikan insight perilaku konsumen yang berhubungan dengan layanannya,” jelas Hanif.

Manfaat CIP Digipop

Helmi mengungkapkan Produk Digipop CIP, saat ini telah dimanfaatkan oleh Telkom Group dan BUMN di bidang Farmasi.

“Digipop CIP telah dipakai di lingkungan Telkom Group yakni Consumer Marketing Telkom Regional III untuk meningkatkan digital sales IndiHome sejak April 2022. Pekerjaan ini menghasilkan revenue >500mio untuk MD Media & Group,” tutur Helmi.

Lebih lanjut, ia memaparkan manfaat Digipop CIP bagi Telkom Regional III, “Dengan data yang kami sediakan, IndiHome dapat melakukan campaign ke berbagai perangkat yang berada di sekitar titik ODP yang belum menggunakan IndiHome sebagai broadband provider-nya.”

Menurut Helmi, selama menggunakaan Digipop CIP, IndiHome di Regional III mengalami peningkatan performa marketing. “Berbagai konten yang dipublikasikan melalui Digipop CIP mendapatkan impresi diatas 100.000 audience dan mendapatkan jumlah klik yang bervariasi.”

“Performa marketing yang dihasilkan oleh Digipop CIP juga sangat efektif mengundang interaksi pelanggan. Dengan jumlah interaksi yang mencapai angka diatas 100.”

Performa marketing IndiHome, lanjut Helmi, mencapai nilai klik paling tinggi pada jumlah 10.590 klik. Artinya, konten tersebut menarik perhatian audience sehingga menciptakan nominal klik yang tinggi.

Turut menghadiri Penjurian TOP Digital Awards 2022, dari MD Media: Revaldo Zen, Rama Hasani, Kresna W Wijaya, dan Bimantoro.

 

Penulis: Teguh IS.